Minggu, 31 Maret 2013

Press Release: EUFORIA


Oleh: Departemen Fundraising and Entrepreneurship               

            Hari Minggu yang lalu, pada tanggal 17 Maret 2013 Departemen Fundrising and Entrepreneuship (Friendship) di bawah naungan BEM TPB Kabinet Inspirasi 49 mengadakan acara EUFORIA yang terdiri dari Business Plan dan Bazaar yang diawali dengan pengumpulan proposal kemudian presentasi sepuluh proposal terbaik peserta Business Plan.
                Kegiatan ini adalah titik mulai ajang Kewirausahaan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan. Tepat pada hari Minggu, 24 Maret 2013  sepuluh proposal yang lolos ini melakukan presentasi proposal pada pukul 08.00 wib. Master of Ceremony pada acara tersebut yaitu Wendi Nurul Fadillah dan Ismah Nur Asobah membuka acara, tak lupa dengan bacaan basmalah. Dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an dan sambutan oleh ketua pelaksana Muhammad Afif Hafidz Furqon dan ketua BEM TPB Sunarya. Berikut adalah sepuluh proposal yang terbaik Rainbow Spinach, Goca (Gorden Perca), Ice Cum-Cum , Puding Kaca Singkong Fla Nano-Nano, Martabak  Cassanova, Donor Ikhlas donat organik, KRIMELLA kripik menarik dari rosella, Bross cantik SAKURA, Pabrik kata-kata pertanian IPB, dan TEABOJA  (Teh Bunga Kamboja).
                Sebelumnya, MC menjelaskan kembali apa itu acara Entrepreneurship and Fundrising Experia (EUFORIA). EUFORIA  adalah ajang dimana mahasiswa TPB dapat mengasah jiwa kewirausahaannya dalam uji coba selama kurang lebih dua bulan. Mahasiswa yang telah lolos seleksi berkas proposal sebanyak  lima kelompok ataupun individu akan diberikan sejumlah modal untuk memulai usahanya.
                Dalam presentasi sepuluh proposal terbaik yang telah dilaksanakan kemarin, tak hanya sekedar presentasi sepuluh proposal terbaik, namun juga ada talkshow wirausaha oleh salah satu dosen yang telah sukses di bidang wirausaha yaitu Bapak Burhanudin dan mahasiswa IPB angkatan 48 yang telah berhasil menjadi juara ASIA 2012 yang dimoderatori oleh Ahmad Fizri Afriandana. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan semangat berwirausaha teman-teman TPB  49. Dan respon dari peserta sangat bagus, teman-teman TPB 49 berebut bertanya seputar wirausaha.
                Talkshow selesai, dilanjutkan dengan penampilan dari MDC sebagai hiburan. Kemudian langsung dilanjutkan dengan presentasi. Ada pula juri presentasi proposal yaitu Kak Cartam, Senior Resident yang juga telah berpengalaman dalam lomba bussiness plan, ada Kak Nisa yang telah berpengalaman di bidang wirausaha dan tahun 2012 menjadi panitia acara ASIA.  Ada dua juri lagi yaitu Pak Burhanudin dan Kak Ula (juara ASIA 2012). Respon dari peserta cukup bagus, beberapa dari mereka berhasil mempresentasikan dengan sangat menarik, tak jarang ada yang mengundang senyum peserta lain. Bahkan respon dan komentar dari keempat juri pun bermacam-macam. Tibalah saat yang paling menentukan, yaitu pengumuman lima proposal dari sepuluh  proposal yang lolos menuju tahap berikutnya, menuju lima besar yang akan merealisasikan usahanya. Proposal yang lolos adalah KRIMELLA kripik menarik dari rosella (Sulastri A, Desmi Erina, dan Laras), Goca (Gorden Perca) (Suli Hendra, Lum’atul Fitria dan Rias Sholihah), Bross cantik SAKURA (Anisa Kartika, Riniawati, dan Atin Sumiarti), Puding Kaca Singkong Fla Nano-Nano (Wiwi Wildasari, Nurhalimah Mardianita dan Surianie), dan Ice Cumcum (Falikhatul Maisaroh, Dewi Anggraeni dan Shanti Oktari).
                Hari Rabu tanggal 27 Maret 2013 telah diumumkan lima besar dan akan ada technical meeting yang kedua kemudian mendapatkan bantuan dana untuk memulai usahanya sejumlah  Rp500.000,00. Mereka akan memulai usahanya, dan dipantau perkembangannya agar dapat berkembang seanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar