Senin, 01 April 2013

Press Release: Lokakarya TPB

Oleh: Dewan Perwakilan Mahasiswa TPB 
          Pada Minggu, 24 Maret 2013 bertempat di Auditorium Sylva Pertamina, DPM TPB IPB telah mengadakan acara yang bertujuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa TPB IPB ke pihak terkait. Kegiatan ini dikenal dengan nama Lokakarya TPB IPB.  Tujuan kegiatan ini  adalah untuk memperkenalkan LK TPB, transparansi keuangan LK TPB dan mencari solusi atas permasalahan yang ada di lingkungan TPB IPB.
            Lokakarya TPB IPB 2013 yang bertemakan  “Kita Peduli, Kita Bersatu, Kita Bergerak” dihadiri oleh 124 mahasiswa TPB IPB. Mahasiswa yang hadir tersebut terdiri atas 26 orang panitia dari DPM TPB IPB dan 98 mahasiswa anggota LK TPB IPB dan mahasiswa umum lainnya. Maksud dari tema yang diangkat tahun ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa TPB akan lingkungannya sehingga mahasiswa mampu menyuarakan pendapatnya.
             Lokakarya TPB IPB 2013 berhasil mendatangkan Bapak Irmansyah, Ketua Badan Pengurus Asrama (BPA).  Beliau dengan senang menanggapi semua permasalahan yang ada dan beliau bersedia menerima saran-saran yang telah dirumuskan saat forum pralokakarya komisi asrama yang diadakan pada 18 Maret 2013 di RK Pinus 2. Beberapa masalah asrama yang diangkat dalam lokakarya tahun ini antara lain:
·  Jumlah tempat sampah yang tidak sebanding dengan jumlah sampah yang dihasilkan mahasiswa TPB.
·   Kebersihan dan kesehatan makanan di kantin yang belum terjamin.
·  Pemahaman insan asrama yang kurang akan peraturan asrama dan urgensi IP asrama.
·  Fasilitas asrama yang kurang baik, seperti kasur, meja belajar, hingga kamar mandi.
          Bapak Irmansyah telah menjabarkan penyebab timbulnya permasalahan ini dan beliau akan berusaha menyelesakan satu per satu masalah yang ada.
Selain membahas masalah asrama, Lokakarya TPB IPB 2013 juga membahas isu-isu lain seperti masalah TPB dan sosial lingkungan mahasiswa. Kedua hal ini juga telah dibahas dan dicari solusi yang mungkin dilakukan untuk menyelesaikan masalahnya pada 19 dan 20 Maret 2013 di RK Pinus 1. Berikut beberapa masalah TPB yang diangkat dalam Lokakarya beserta solusi yang disarankan:
Masalah
Solusi yang Disarankan
Tidak adanya Mushallah di CCR
Terlalu cepatnya toilet ditutup saat sore hari
Birokrasi peminjaman ruang kuliah di CCR untuk kuliah pengganti
Pembangunan Mushallah di CCR
Adanya penambahan waktu buka toilet di CCR
Adanya koordinasi langsung dosen pengajar dengan TU CCR

          Pada awalnya DPM TPB IPB telah mengundang Bapak Ibnul Qoyim, Direktur TPB IPB untuk hadir dalam Lokakarya agar dapat bersama mencari solusi atas masalah yang ada. Namun, adanya tugas lain membuat Pak Qoyim tidak dapat hadir dalam Lokakarya kali ini.
          Di komisi sosial lingkungan mahasiswa, pihak Faspro IPB yang diundang juga tidak dapat hadir karena adanya pembangunan beberapa fasilitas mahasiswa di Kampus Diploma IPB di Baranangsiang. Hal-hal yang akan dibahas bersama Faspro antara lain:
·         Jadwal pengangkutan sampah yang ada di asrama TPB
·         Penetapan jadwal bus kampus yang lebih diperjelas
·         Adanya badan yang mengurus ojek kampus
·         Perbaikan jalan dan saluran air yang berada di depan asrama putri TPB IPB
·         Serta birokrasi peminjaman sepeda kampus yang diharapkan tidak rumit.
        Meskipun Bapak Qoyim dan perwakilan Faspro tidak dapat hadir dalam Lokakarya, namun semua masalah dan solusi yang ada akan tetap disampaikan kepada pihak –pihak tersebut dan penyelesaian atas semua masalah tersebut tetap akan diawasi oleh seluruh mahasiswa TPB IPB baik melalui LK dan LS yang ada, maupun pengawasan langsung oleh mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar