Rabu, 13 Maret 2013

Press Release: GRAVITASI



OLEH : Departemen Pengembangan Sumberdaya Mahasiswa
Salah satu hal yang mendasari sebuah organisasi adalah pembinaan. Karena tidak ada kekuatan tanpa adanya rasa kekeluargaan, keberhasilan tanpa sebuah tantangan dan kebersamaan tanpa kerjasama. Keberhasilan akan dicapai bagi mereka yang menikmati sebuah proses dan kekuatan organisasi  yang dapat dibangun dari pengurus yang solid dan memiliki komitmen. Maka dari itu, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama periode 2012-2013 mengadakan sebuah kegiatan yang bernama“GRAVITASI (Up Grading Aktivis, Tampil menginspirasi)”. – sesuai proker PSDM... J
Kenapa harus ada GRAVITASI atau  bahasa kerennya itu Up-Grading? yaitu bertujuan untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan, kemampuan berorganisasi, manajemen diri bagi seluruh pengurus BEM TPB 49 serta menciptakan teamwork yang solid, tangguh,dan menjunjung asas kekeluargaan di dalam pengurus BEM TPB 49. Dengan tema Mengobarkan Semangat Kepemimpinan dan Kebersamaan Menuju TPB 49 yang Aktif, Kreatif dan Inspiratif”
Acara GRAVITASI berlangsung selama 1 hari:
Pada tanggal 10 Maret 2013 yang bertempat di Kebun Raya Bogor, pesertanya 67 orang pengurus BEM TPB 49 dan acara khusus ini didampingi pengurus BEM TPB angkatan 48. Kami mulaikumpul di sekitar GWW jam 6.15.
Lalu… Dimulailah outbond kami dengan pembagian kelompok yang sudah ditetapkan pada gathering malam tadi. Tentunya secara acak –untuk saling mengenal satu sama lain- Outbond  kali ini berbeda dengan gaya outbond yang sudah-sudah. Outbond  yang sekarang ini adalah menjelajah kota bogor. Dengan bermodalkan smartphone dan uang yang sama setiap kelompoknya, kami berangkat. Awalnya peserta tidak mengetahui tujuan akhirnya kemana. Diberikan satu kata kunci untuk menuju tempat pertama dengan memanfaatkan teknologi yang ada, setiap kelompok yang berhasil sampai ke tempat tujuan wajib berfoto dan mengirimkannya pada kaka operator masing-masing kelompok. Jika benar, maka kami harus melakukan tugas di tempat tersebut. Berikutnya kaka operator akan memberikan kata kunci lagi untuk menuju tempat berikutnya. Begitu seterusnya hingga kami tiap-tiap kelompok sampai di tempat tujuan yang sama dengan jalur-jalur yang berbeda, yaitu Kebun Raya Bogor. Ini belum berakhir setibanya disana (11.00 WIB), kami diberikan tantangan untuk mencari harta karun.Kerennya disini kami diberi nyawa berupa balon dikikatkan di lengan yang harus kami jaga sampai akhir nanti! Bukan tanpa tantangan, tentu saja dengan adanya satu kelompok yang bertugas memecahkan balon-balon tersebut, ini tidak mudah. Selain kami tidak mengetahui persis dimana tempat tersimpannya harta karun tersebut (bermodalkan foto yang diambil dari sudut pandang yang berbeda yang ternyata ketika disatukan dengan kelompok yang lain membentuk sebuah gambar pohon yang berada di tengah taman), kami pun harus menjaga si balon dengan cara berlari kesana kemari menghindari kejaran anggota kelompok yang bertugas memecahkan balon.
Sekitar jam 13.00 WIB: kami sholat kemudian dilanjutkan makan siang bersama. Cuaca mulai mendung dan akhirnya hujan. Namun acara tak terhentikan oleh hujan. Kami tetap melanjutkan ke acara berikutnya, yaitu berkumpul dan membentuk dalam satu  lingkaran BEM TPB 48 dan 49 untuk melakukan evaluasi dan muhasabah diri... Melihat sejengkal kebelakang mengenai kinerja kami!
SEMANGAT BARU INI BARU DIMULAIIIIIIIIII………………

Sangat BanyakHikmah yang bisa kami ambil dari GRAVITASI. GRAVITASI yang berjalan singkat namun akan menimbulkan kesan yang melekat di hati kami semua…
Dari kegiatan ini semoga dapat menciptakan kesolidan, kerjasama serta rasa kekeluargaan dalam lembaga BEM TPB 49, sehingga kinerja seluruh pengurus bisa lebih baik dari tahun sebelumnya sehingga dapat tercetakpengurus BEM TPB’49 yang berkualitas dan mempunyai komitmen kerja dan terbentuk pengurus BEM TPB49 yang berkarakter sosial serta siap memberikan pelayanan terbaik kami untuk mahasiswa TPB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar